Senin, 07 April 2014

Info Histori HKFM POGI


SUMBANGAN INFORMASI UNTUK PENYUSUNAN SEJARAH HKFM

    1. Pada PTP POGI XI di Semarang, tepatnya pada tanggal 12 Juli 1999 dilakukan pertemuan pendahuluan yang dihadiri oleh : : Prof Gulardi (Jakarta), Prof Hariadi (Surabaya); Prof Hidayat W (Bandung); dr Haryono (Medan); dr Kornia Karkata (Denpasar).  Agendanya : pembahasan tentang :
                                               i.     Menentukan kriteria “pemutihan” Konsultan Kedokteran Fetomaternal
Pemutihan konsultan Fetomaternal : untuk pertama kali KFM ditetapkan sebagai berikut: * telah bekerja di RS dgn jumlah persalinan > 2000/tahun ; * sudah mempunyai subbagian FM; * telah menjadi SpOG > 5 tahun dan bekerja di RS pendidikan ; * penulis publikasi > 2 artikel tentang FM ; * mendapatkan pendidikan / kursus / tambahan dalam bidang FM.  Panitia yang melakukan seleksi : Prof Hariadi ; Prof Hidayat; Prof Gulardi ; Prof Sulchan ; dr Kornia dan dr Haryono. Formulir akan dikirimkan kepada 13 pusat pendidikan dan calon akan diajukan oleh kepala bagian yang bersangkutan.
                                             ii.     Menentukan kriteria Pusat Pendidikan Konsultan Kedokteran Fetomaternal :  tentang lama pendidikan ; kriteria calon pusat pendidikan; kurikulum ; syarat pusat pendidikan mempunyai Konsultan >= 2 orang; punya sarana USG, KTG, NICU, ICU (RS tingkat III).; laboratorium klinik yang lengkap

    1. Berdasarkan kriteria pemutihan tersebut, pada PIT KFM II di Bandung tahun 2001 telah ditetapkan 44 orang Konsultan FM. oleh Tim yang diketuai : Prof Gulardi
    2. Pada PTP POGI di Palembang telah lulus ujian kualifikasi 7 orang KFM baru sehingga jumlahnya menjadi 51 orang dan kemudian ada 3 orang yang mengundurkan diri karena pindah ke Divisi lain.
    3. Pada rapat HKFM di Hotel Sheraton Surabaya , 29 Maret 2002  dilaporkan senter yang bersedia menjadi pusat pendidikan FM adalah : FK UI ; FK Unpad ; FK Undip (tahap konsolidasi) ; FK UGM (belum melaksanakan) dan FK Unair (tidak melaporkan).
    4. Di Surabaya juga diputuskan :Tim pengelola ujian nasional KFM dengan anggota : Prof Gulardi ; Prof Ariawan Soejoenoes, Prof Hidayat W, Prof Firman FW, Prof Djafar Siddik, Prof Soetomo Soewarto, Prof Sulchan Sofuan, Prof Gde Putu Surya, Prof Dikman Angsar, Prof Hariadi.
    5. Di Surabaya juga direncanakan penyusunan Buku Kedokteran Fetomaternal
    6. SK Kolegium POGI No 001/SK/Kol/2004 , tertanggal 12 Februari 2004, tentang Pembentukan Program Pendidikan Konsultan Bidang Fetomaternal : mengesahkan pembentukan program pendidikan Konsultan Fetomaternal dengan : Koordinator : Prof dr R.Hariadi SpOG (K) dan Sekretaris Koordinator : dr Made Kornia Karkata SpOG(K).
    7. Rapat Pleno HKFM pada 11 Juli 2005 di PIT POGI Batam, mengesahkan berlakunya : ORTALA dan Susunan Organisasi HKFM.
    8. Susunan Pengurus HKFM sampai Maret 2006 adalah :
Ketua : Prof dr R Hariadi (Surabaya)
Sekretaris : dr Made Kornia Karkata (Denpasar)
Bendahara : dr Bangun Trapsila (Surabaya)
Komisi Pendidikan : Ketua : Prof Dr dr Agus Abadi (Surabaya) dengan anggota : Prof Dr dr Gede Putu Surya (Denpasar); Prof dr  Dikman Angsar (Surabaya); Prof dr Kurdi Samsuri (Palembang)
KomisiPenelitian : Ketua : Prof Dr dr Sulchan Sofuan (Yogyakarta) dengan anggota : Prof Dr dr Hidayat (Bandung); dr Herman Kristanto (Semarang).
Komisi Pengabdian Masyarakat : Ketua : Prof Dr dr Gulardi WS (Jakarta) dengan anggota : Prof dr Djafar Siddik (Medan); Prof Dr dr Firman WK (Bandung) ; Prof dr Soetomo (Malang).
    1. Dalam PTP HKFM di Denpasar , Maret 2006 , dilakukan pemilihan Ketua HKFM yang baru yaitu : Dr Noroyono Wibowo, SpOG(K) periode 2006 – 2009. Sampai Maret 2006, telah tercatat  : 65 Konsultan FM yang tersebar di seluruh Indonesia.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar